Kufr: Memahami siapa yang Ingkar


Tentang memahami ulang Kufr*

Sejarah

Setelah konflik antara Muawiyah dan Ali/Syi’ah, mulai muncul term “kafir”. Pelopornya adalah kaum Khawarij*. Sedangkan kelompok lain, Mu’tazilah menganggap bahwa yang disebut kafir adalah orang-orang  yang ingkar pada Allah dan pembuat dosa besar^. Adapun Murjiah, yang dikatakan kafir adalah para pelaku dosa besar an-sich. Mereka memahami Iman sebagai sesuatu yang membutuhkan ketetapan hati, bukan praktek aksi. Jadi, hemat penulis, mereka tidak begitu mempermasalahkan aksi ibadah dalam kaitannya dengan kafir. Bukan berarti orang yang tidak shalat itu kafir. Begitu.

Bahasa

Dari segi bahasa/al-Lughoh, Kufur berarti menutup, menyembunyikan. Adapun term lain (dalam al-Quran) bermakna petani (dimaksud: yang menyembunyikan biji).

Sedangkan Jenis2/klasifikasi kafir menurut jumhur ulama:

–     Munkir: orang yang mengingkari Allah scr lisan dan hati. à atheis.

–     Juhud: orangnya beriman pada Allah scr hati, namun tdk mengakuinya scr lisan. Spt Umayah bin Abi Qalb.

–     Muanid: beriman/percaya secara lisan, namun tidak mau masuk Islam. Spt Abi Thalib.

–     Nafiq: Scra dhohir prakteknya spt orang yang beriman, namun hatinya ingkar. Spt, musyrikin, munafiqin,.

–     Nikmat: Hati dan lisannya beriman. Namun dalam prakteknya ia tidak bersyukur.

(info: Syukur# >< Kufr)

Pertanyaan

–     Apakah ada kafir mutlak dan ringan/khofif?, Ketika ada salah satu rukun Islam yang tidak dipercayai/dilakukan apakah termasuk kafir? (Cheff)

–     Bagaimana hubungan kufr dengan syukr? (Zakky)

Jawaban:

–     Dalam kacamata pembicara, kufur muthlak itu ada, yaitu ketika seseorang tidak mempercayai adanya Allah dan yang lain (rukun iman yang lain). Sedangkan kufr khofif: yang tidak bersyukur dg nikmat n hidupnya (sendiri).

Beriman kepada Allah telah mencakup kepada keempat rukun iman (setelahnya). Seangkan yang rukun iman yang keenam merupakan manifestasi kepercayaan tentang hal yang “benar-benar” ghaib. Bahkan Nabi sendiri tidak mengetahuinya. Maka, dalam alQuran: “man amana billah wal yaumil akhir”. Tapi kadang juga, disandingkan dengan “rasul”. Intinya, rukun iman itu komprehensif, dalam arti ketika telah mempercayai Tuhan (Allah-red), maka yang lainnya akan secra otomatis diimani pula. Bagaimana mungkin bisa hanya satu? Ya, Muslim wajib mengimani keenam rukun islam.

–     Orang yang tidak bersyukur: kufr. Syukru: melaksanakan dg sepenuh hati segala perintah dan ajaran Tuhan. Di situ ada aksiologi yang dihayati. Peneraapannya dibutuhkan di berbagai sektor kehidupan, mula dari bekerja, belajar, dan beribadah.

Analisa

Ternyata Kufr bukan hanya melulu pada keimanan (dalam hati), namun juga aksi. Dimana bentuk-bentuk kufr bisa terjadi dalam berbagai pola dalam kehidupan. isa saja orang yang hanya ngeluh, bisa dikatakan telah kafir. Makanya perlu syahadat (kesaksian-red). Kesaksian akan keesaan, ke-Maha Kuasa-an, dan ke-Maha(yang lain)-an Tuhan, Allah. Kesadaran bahwa Dia-lah tempat kembali, dst.
Bukan lantas, kita kan salaing mengafirkan. Namun, pahami diri sendiri, kalau perlu “cap”lah diri sendiri sebagai orang “kafir” (belum beriman secara penuh). Maka perbaikan akan terus kita lekukan kedepan. Selamat bertaubat.

Keterangan:

*    Kaum (yang sebelumnya) mendukung ali, namun berbalik memusuhinya, gara-gara mereka tidak setuju dengan tahkim/arbitrase yang diterapkan Ali dan Muawiyah untuk menyelesaikan pertikaian kedua kubu. Hal itu dianggap menyimpang dari ajaran al-Quran, lantas mereka (Khawarij-red) mengafirkan keduanya.

^    Dalam artian yang berhubungan dengan hati/batin, seperti syirik.

#     Term syukr merupakan lawan dari kufr. Jika syukr dipahami sebagai posisi menerima dengan lapang, maka kufr adalah mengingkari/menolak.

 

Data:

Speaker         : Aufal Marom

Participant    : Cheff, Noor, Zakky, Ally, Fajr, Harry, Khomyah, Byhaqi, Arief M, Choll,

 

______________________

* date: 25 Maret 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s